Pengantar Image Warping

Image Warping merupakan transformasi koleksi titik/pixel pada suatu citra (citra asal) menjadi citra lain (citra tujuan). Dengan menyebut istilah titik dalam hal ini adalah komposisi dari posisi dan nilai warna pixel pada posisi tersebut. Proses pemetaan pixel kadangkala diikuti dengan proses resampling jika resolusi citra asal dan citra tujuan memiliki perbedaan.

Dalam melakukan warping pada citra terdapat dua buah pendekatan yaitu pendekatan maju (forward) dan pendekatan mundur (backward). kedua pendekatan ini dibedakan dari citra yang dijadikan parameter fungsi transformasi. Pendekatan maju yang disebut dengan forward warping atau forward mapping melakukan transformasi dengan masukan adalah koleksi titik/pixel pada citra asal dan keluaran yang dihasilkan adalah posisi pixel tersebut pada citra tujuan. Pendekatan mundur seringkali disebut sebagai inverse mapping disebabkan transformasi yang dilakukan adalah transformasi balik (invers) yaitu diberikan masukan koleksi titik/pixel pada citra tujuan dan keluaran yang dihasilkan adalah titik yang bersesuaian pada citra asal.

persoalan image warping

Gambar 1

Pada gambar 1 digambarkan deskripsi masalah image warping. Misalkan transformasi yang dilakukan terhadap citra asal dinyatakan dengan fungsi F(). Pendekatan forward mapping membentuk citra tujuan dengan memetakan setiap titik pada citra asal menggunakan fungsi transformasi yang masukannya adalah titik di citra asal (P) dan menghasilkan titik di citra tujuan yang bersesuaian (P’).

P’ = F(P)

Pendekatan Inverse Mapping membentuk citra tujuan dengan menggunakan fungsi invers yaitu menerima masukan titik pada citra tujuan (P’) dan menghasilkan keluaran titik yang bersesuaian untuk menentukan warna setiap posisi pada citra tujuan.

P = F’(P’)

Perbedaan dari kedua pendekatan ini sejauh yang pernah saya gunakan adalah pengakomodasian dari proses resampling akibat perbedaan dimensi antara citra asal dan citra tujuan. Pendekatan mundur merupakan pendekatan yang sering saya gunakan untuk melakukan transformasi citra sedangkan pendekatan maju biasanya saya gunakan untuk analisis citra seperti pada aplikasi QR Code decoder.

Contoh algoritma forward dan inverse mapping akan saya bahas pada posting berikutnya.

Aplikasi Image Warping

Aplikasi paling sederhana dari Image Warping adalah transformasi geometrik citra (mis. rotasi/pemutaran, translasi/pergeseran, dan dilatasi/penskalaan). Aplikasi lainnya dari Image Warping adalah Perspective Texture Mapping, Image distortion, Image Morphing, dll. Algoritma untuk kasus aplikasi Image Warping akan dibahas lebih lanjut pada posting berikutnya.

Rotasi Citra

Rotasi citra (free-form image rotation) merupakan contoh sederhana dari image warping. transformasi yang digunakan adalah fungsi transformasi geometrik yang bersifat affine.

Perspective Texture Mapping

Texture Mapping merupakan teknik yang sering digunakan untuk memberikan efek detil yaitu tekstur pada model objek 3D. Proyeksi perspektif yang digunakan untuk memetakan objek dalam ruang trimatra (dunia virtual) ke dalam bidang dwimatra (area layar monitor) menyebabkan fungsi transformasi yang digunakan juga mengakomodasi efek dari proyeksi perspektif ini (perspective correction) ke dalam transformasi warping.

Image Distortion

Salah satu contoh kasus dari distorsi citra adalah efek twist atau spin yaitu seperti terlihat pada gambar berikut.

citra sebelum didistorsi

Gambar 2 Citra asal

citra setelah didistorsi

Gambar 3 Citra hasil distorsi

Image Morphing

Image Morphing merupakan penerapan dari image warping dalam hal pembentukan citra antara (inbetween atau tweening) dari dua buah citra acuan dengan tiap citra antara yang dibuat merupakan hasil kombinasi (blending) antara warping pada citra acuan asal dan warping pada citra acuan tujuan.

2 comments

  1. gien sentio · Desember 1, 2010

    whhooooaaaammm……!!!

  2. Diding Nuriska · Februari 4, 2011

    maaf mas,, mau tanya… kalo affine image warping dengan 6 parameter itu gimana y?
    gimana cara dapetin value/nilai dari 6 parameter it, ato kita tentuin sendiri ya…

    terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s