Kapan Industri TIK Indonesia maju?

Pernahkah Anda mengunjungi situs diskusi (forum atau mailing-list) yang topik utamanya pemrograman? kalau ya, seberapa sering Anda menjumpai pertanyaan-pertanyaan yang bersifat ‘menodong’ atau ekspresi keinginan yang bersifat instan seperti :

bagaimana sih caranya melakukan X. kalo bisa sekalian source-code-nya yah?

atau

saya ingin melakukan X. ada nggak yah komponennya yang sudah jadi? kalo ada minta dong!

atau

Ada yang tau nggak caranya melakukan X seperti software anu?

Saya senang menolong (baca:ikut campur) dalam menyelesaikan persoalan orang lain dalam hal pemrograman walaupun ke-‘ahli’-an saya dalam persoalan tersebut juga tidak lebih baik daripada orang yang saya bantu (baca:recokin’). Saya lebih senang berdiskusi langsung ke analisis persoalannya sehingga saya juga bisa belajar dari diskusi tersebut atau membagi pengalaman (kalau ada) saya yang mungkin ada kaitannya dengan masalah yang dibahas. Kalau perlu sampai melakukan riset (baca:browsing) untuk mencari referensi artikel, paper, atau ebook (baik legal ataupun ilegal) supaya bisa sekalian belajar (walaupun seringkali akhirnya adalah keasikan men-download dan hanya membaca sekilas).

Kembali ke judul, eh topik maksudnya. kalau budaya mencari instan ini dipelihara, kapan ya apresiasi dunia IT indonesia terhadap programmer bisa menjadi baik ? (menjadi programmer itu pilihan hidup, bukan karena tidak punya kapasitas sebagai analis atau posisi-posisi yang saat ini tampak menyilaukan lainnya akibat euphoria ‘software engineering’ dan propaganda vendor ‘raksasa’ software tetapi karena integritas berprofesi). Kapan ya praktisi IT di Indonesia yang menjadi teladan dan orang yang dicari (dalam artian yang positif) dalam pasar ekonomi global?

2 comments

  1. jampasir · April 17, 2008

    makanya mas, orang indonesia lebih banyak download di sourceforge.net, codeplex, atau google project host/google code dsb, daripada bikin project opensource sendiri dan di taruh di sana. ya sudah kalo demikian, ya mikirnya moga saja mereka ngerti codenya itu
    tapi sayang itu berarti “we’re missed out on some beautiful and hidden mathematics & problem solving”.

    wish you luck

  2. Strife Leonhart · Mei 6, 2008

    iya bener tuh,, capek saya browsing forum computer/hacking/programming… adanya minta doank… isinya jg kurang lebih sama… emang udah jadi budaya kali ya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s