Membangkitkan Kembali Virtual Reality di Indonesia

Saya pernah bercerita tentang mati surinya teknologi VR, disitu saya mengeluhkan sepinya perhatian (sejauh pandangan saya saja) tentang penelitian dan pengembangan VR di Indonesia. Sekarang, sepertinya keadaan sudah agak berubah dan atau pandangan saya sudah lebih terbuka. Saya jadi merasa optimis, bidang ini akan ramai kembali.

Rasa optimis ini timbul, karena saya melihat orang-orang di sekitar (mungkin saya termasuk) saya (setidaknya yang saya ketahui walaupun tidak betul-betul ‘terlihat’, :D) sedang menikmati petualangannya di daerah ini. mari kita daftarkan siapa-siapa saja orang tersebut :

  • Victor, mantan mahasiswa IF angkatan 2003 yang juga asisten laboratorium GAIB ini sekarang sedang aktif di Sangkuriang Studio. Tugas akhir S1 Victor adalah tentang eksplorasi VR khususnya aplikasinya dan perangkat interaksinya (hore, di lab GAIB ada koleksi baru benda untuk dieksplorasi).
  • Ibam (Ibrahim Arief). Mahasiswa IF 2003 yang juga personil Sangkuriang Studio. Tugas akhir S1 ibam tentang Navigasi Virtual World dengan menggunakan gerakan wajah yang ditangkap melalui webcam. Demonya juga sempat dipublikasi ke forum gamedevid.
  • Ibi (Raymond Ralibi). mahasiswa IF angkatan 2004. Saat ini sedang mengerjakan tugas akhir tentang membuat rekonstruksi model wajah 3D dari citra pasfoto. Sebenarnya masih ada topik yang satu garis dengan yang sedang ibi kerjakan, tapi sepertinya mahasiswa 2004 yang meminati tema yang sama masih sedikit. Jadinya topik tugas akhir lainnya di simpan untuk generasi selanjutnya (IF 2005 ada yang berminat? :D).
  • Joko Sarwono, Bapak yang satu ini dosen di prodi sebelah (Fisika Teknik) yang meminati bidang akustik dan akhir-akhir ini menulis tentang Acoustic Virtual Reality dan aplikasinya. Menarik sekali idenya tentang mensimulasikan suasana yang imersif dengan media suara. Padahal selama ini saya seringkali terlibat dalam organisasi/kegiatan yang tidak jauh dari dunia ‘suara’ (Teksound, Radio Kampus ITB, Radio Broadcasting Software)
  • Ari Setijadi P.. bapak yang ini juga dosen ITB dari gedung sebelah. Rika, asisten GAIB 2003 pernah jadi mahasiswa bimbingan beliau. Beberapa paper beliau yang pernah saya lihat diantaranya ada yang masuk ke Eurographics!. Sepertinya studi doktoral beliau menyinggung tentang Augmented Reality.
  • , menunggu isian berikutnya (melihat ke kiri-kanan). siapa lagi yah?
  • Saya sendiri? ha.. kalau saya, saya lebih tertarik ke animasi karakter. Tugas akhir S1 saya yang lalu mempelajari tentang simulasi animasi perilaku menggunakan sistem berbasis kaidah (Rule based Behavioral Animation). Intinya adalah bagaimana mensimulasikan natural behavior (motion) dengan ekspresi yang sederhana dan memanfaatkan teknik-teknik intelejensia buatan dan grafik. Topik yang saya kerjakan mengacu ke Topik Virtual Human dari suami-istri Thalmann (Daniel dan Nadia M.) dan John D. Funge. Terinspirasi dari tradisi wayang, saya menggunakan istilah ‘wayang digital’ untuk animasi karakter. Mimpinya, supaya setiap orang bisa mengekspresikan cerita dengan animasi. karena gambar mewakili ribuan kata, dan animasi memberi pengayaan pada gambar.

Selama ini forum yang mewadahi untuk ekplorasi di bidang ini adalah gamedevid. Walaupun untuk kreasi animasi banyak ahlinya di forum IndoCG, tetapi yang kebetulan isinya banyak programmer adalah GDI.😀 Wadah lainnya adalah milis soft-computing, di tempat ini saya banyak belajar sambil mencari inspirasi untuk eksplorasi selanjutnya.

*menatap langit..*

7 comments

  1. Ooze · April 21, 2008

    YOOOOOOOW….

    wah topik yang segaris itu apa mas?
    tampak menarik (^_^), berhubung sekarang sedang mengeksplor tentang computer vision, kali2 nemu topik TA yang OK (^_^)

  2. jokosarwono · April 21, 2008

    kalo ada yang tertarik menggabungkan persepsi visual dan audial saja dulu, silakan kontak saya yaaa…. di lab kami sudah ada software Acoustics rendering yang mampu mensimulasikan secara real time medan binaural akustik ruangan apapun….. kalo bisa digabungkan dengan visual rendering tampaknya bakalan sip…. but ada domain psikological preference juga disana

  3. iang · April 21, 2008

    peb peb.. mari2 ke tempat gue😀 ada banyak “mainan

  4. rika · April 24, 2008

    lohh pak iping engga ditulis? (beliau mah staf ahli ya :D)

  5. sunu wibirama · Juli 17, 2008

    Hadir mas….(*ceritanya lagi diabsen)

    Saya juga lagi belajar tentang OpenCV, untuk keperluan research master saya di KMITL, Thailand. Oya, saya mengerjakan Eye Tracking menggunakan beberapa metode image processing dan object detection..

    Sunu Wibirama
    Department of Electronics
    King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang
    Bangkok, Thailand

  6. pebbie · Juli 17, 2008

    @mas sunu: sip sip.. ditunggu sharing ‘mainan’-nya.. hehe..

  7. sunu wibirama · Juli 30, 2008

    Waduh…sharing mainan apa ya? La pemula je…tapi semua yang sedang saya pelajari sudah saya dokumentasikan di blog saya kok, silahkan dibuka di :

    http://wibirama.com/dip

    Oya, kalo ada link-link OpenCV berbahasa Indonesia mohon saya dikasih tau juga ya, siapa tau bisa share (kayaknya jarang banget orang Indonesia yang ngoprek OpenCV)…

    Makasih sebelumnya..

    Salam,

    Sunu.W

Tinggalkan Balasan

