Next Generation Programming Language?

Hari gini bikin bahasa pemrograman baru?

kemarin terpikir tentang bagaimana basis rancangan suatu bahasa pemrograman mempengaruhi evolusi perangkat lunak. Hal yang diinginkan adalah evolusi tersebut berjalan mulus dalam berbagai skala perangkat lunak mulai dari program trivial atau sekedar eksperimen algoritma hingga perangkat lunak yang kompleks (modulnya sudah banyak, data yang terlibat sudah banyak, paralelisme, ketersebaran).

alangkah indahnya jika membuat perangkat lunak seperti berimajinasi, bebas bermain-main dengan dunia ide tanpa harus memikirkan repotnya mengurusi ide yang saling konflik padahal belum diterapkan (masih dalam ruang ide gitu loh!). alangkah enaknya membuat perangkat lunak seolah mempunyai asisten programmer-coder yang ahli sehingga cukup berinteraksi dengan ide-ide dan jadilah perangkat lunak. sepertinya aspect-oriented-programming cukup dekat dengan ide ini tapi entah kenapa sepertinya masih belum pas. there is ‘just’ more than this..

mungkinkah suatu saat nanti ada bahasa pemrograman universal? dalam definisi bahasa tersebut cukup ekspresif untuk diungkapkan, cukup komprehensif untuk dibaca, fleksibel untuk diubah dengan menambahkan atau mengurangi ide dalam suatu algoritma. mungkin suatu saat saya bisa meluangkan waktu untuk ngoprek bahasa pemrograman. maksudnya ngebikin rancangan bahasa pemrograman yang ‘nggak serumit’ yang ada sekarang. bertualang mencari kode yang elegan.

hari ini baca buku tentang konsep bahasa pemrograman-nya John Mitchell yang bilang kalau salah satu faktor populernya suatu bahasa pemrograman adalah ketika suatu bahasa pemrograman dirancangan untuk tujuan yang spesifik. mungkin langkah awal bisa dimulai dari faktor tersebut, yaitu menentukan spesifikasi tujuan penggunaan bahasa pemrograman yang akan dirancang.

sekian dulu.. nanti kalau ada ide lagi diteruskan..

8 comments

  1. wewel · Mei 3, 2008

    Kalo pake IDE menurut mas apa sudah cukup leluasa ?

  2. pebbie · Mei 3, 2008

    IDE memang cukup membantu.. tetapi dosanya tetep di bahasanya, jika IDE-nya rumit/kompleks.. ada kemungkinan bahasanya bermasalah..๐Ÿ˜›

  3. Strife Leonhart · Mei 6, 2008

    kebanyakan macam bhs pemrograman apa gak bikin bingung ya?๐Ÿ˜

  4. Fukutenshi Youfan · Mei 11, 2008

    …kalau salah satu faktor populernya suatu bahasa pemrograman adalah ketika suatu bahasa pemrograman dirancangan untuk tujuan yang spesifik.

    Hhmmm…

    Fortran for scientific computing, Java for cross-platform coding, Pascal for studying, etc.

    And what is C/C++ for? What is C/C++ specific purpose? Why it’s so popular?โ“ Because of multi-paradigm?

    Sampe seberapa jauh yah faktor ‘tujuan spesifik suatu bahasa pemrograman’ itu mempengaruhi kepopuleran suatu bahasa pemrograman?

    Strife Leonhart :
    Ada lebih dari 2.500 bahasa pemrograman yang terdokumentasi sekarang… Lebih dari cukup untuk bikin muntah darah jika ingin mempelajari semuanya…๐Ÿ˜€

    O’Reilly Programming Language Poster << My fave poster in the last 4 years! And still my fave poster until now!:mrgreen:

  5. Ping-balik: On Aspect Orientation « GAIBlog
  6. pebbie · Mei 13, 2008

    @youfan:C cukup spesifik dari tujuan awalnya ketika akan digunakan untuk membangun ulang UNIX.

    C++ tujuannya spesifik banget, buat menyogok komunitas pengguna C yang mulai tertarik ke Object-Orientation.๐Ÿ˜›

    J/K

    Sampe seberapa jauh yah faktor โ€˜tujuan spesifik suatu bahasa pemrogramanโ€™ itu mempengaruhi kepopuleran suatu bahasa pemrograman?

    IMHO, tergantung juga sih seberapa besar komunitas pengguna yang melakukan hal yang spesifik tsb. lihat saja action script, karena kespesifikan untuk pengendalian animasi (yang menurut gw hanya karena ada gotoAndPlay, gotoAndStop, dan OnXX) jadi banyak yang pake dan lebih populer dibanding sodaranya (LINGO).๐Ÿ˜€

    *jawaban gw lagi ngasal*

  7. feto · Desember 14, 2009

    waaahhhhh artikel yang menarik tapi jika saya disuruh untuk buat bahasa pemrograman generasi baru pasti saya tidak mampu…^_^

    Terima kasih infonya, silakan berkunjung ke sini dan jika mau tahu artikel menarik lainnya silakan kunjungi disini

    • pebbie · Desember 14, 2009

      ๐Ÿ˜€ generasi baru belum tentu sesuatu yang lebih baik walaupun diharapkan lebih baik. yang namanya sudut pandang memang selalu relatif.

      terima kasih juga sudah berkunjung.๐Ÿ™‚

      stmik jakarta yah? jadi ingat waktu sma pernah 2 kali mampir untuk lomba๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s