Intelligent Systems vs System with intelligent properties

Adakalanya teknik intelejensia buatan diterapkan untuk menyelesaikan persoalan tertentu dan menjadi bagian dari sistem yang lebih besar. Apakah sistem yang lebih besar tersebut dapat dikatakan sistem cerdas (intelligent/smart system) hanya karena di dalamnya terdapat komponen yang dikatakan ‘cerdas’?

Sepertinya tidak juga, karena sifat ‘cerdas’ yang dimaksud jika merujuk pada definisi Turing Test maka sifat tersebut merupakan bagian dari persepsi yang sensitif terhadap skala sudut pandang. Mungkin inilah yang menjadi ide pokok dari buku ‘Society of Mind’ karya Marvin Minsky, bahwa agar suatu sistem dikatakan ‘cerdas’ tidak harus di dalamnya disusun oleh komponen yang juga disebut ‘cerdas’. Suatu sistem dapat dikatakan cerdas terlepas dari aspek persepsi entitas luar jika komponen-komponen sistem tersebut bekerja sedemikian rupa sehingga (perlu digarisbawahi mengingat frase tersebut memiliki nilai rasa mistis :D) sistem yang menaunginya bekerja secara ‘cerdas’.

Lantas seperti apa yang dimaksud dengan bekerja secara ‘cerdas’? Beberapa karakteristik yang dapat dikaitkan dengan definisi ‘bekerja cerdas’ diantaranya memiliki tujuan yang terdefinisi (goal oriented, rational agent), memiliki kapasitas untuk memilih alternatif dalam rangka memilih tujuan berdasarkan informasi yang dimiliki (adaptive, flexible, reasoning), memiliki kemampuan untuk menghasilkan/melakukan hal-hal yang tidak terduga sebagai alternatif baru tanpa direncanakan secara langsung (emergent, dynamic, learning).

Marilah kita berhati-hati terhadap kesalahan menggunakan istilah cerdas, intelijen, smart dalam produk apapun yang kita buat atau ceritakan. Jangan sembarangan menambahkan label tersebut hanya karena terdengar bagus dan menjual utopia.

One comment

  1. Glub0t · Agustus 11, 2008

    iy, saya jadi ingat game of life yang sederhana, tapi hasilnya benar-benar tak terduga. tapi apa sistem dinamik yang bersifat chaos yang secara programming hanya mengandalkan iterasi sederhana termasuk cerdas?
    kebetulan lagi belajar ANN (artificial neural network), dalam sistem ini yang mengadaptasi kerja sistem saraf ada proses ‘belajar’ atau ‘latihan’ sampai hasil yang diinginkan dengan galat tertentu dicapai. mungkin ini juga termasuk sistem yang cerdas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s