Bosan..

Akhir-akhir ini saya sedang bosan, jenuh sehingga seringkali mengalami gangguan berkonsentrasi. Saya ingin melakukan pekerjaan A, baru sebentar saya memulai untuk mengerjakan A, pikiran saya tiba tiba beralih ke pekerjaan B, baru sebentar memulai mengerjakan B, pikiran saya beralih ke pekerjaan C. Jika saya berusaha mengabaikan pengalihan pikiran selain dari yang sedang saya kerjakan, saya menjadi gelisah. Mungkinkah ini stres yang tidak saya sadari.

Melirik kegiatan sang istri yang juga sedang mempelajari tentang hormon kortisol, yang katanya merupakan hormon yang menjadi indikator stress. Saya sempat ingat istri saya menunjukkan kepada saya mengenai berbagai cara agar mengendalikan kadar kortisol dalam batas normal. Salah satunya adalah meditasi. Lalu saya jadi teringat ketika beberapa tahun silam saya belajar wushu ada beberapa gerakan dari tai chi yang saya rasakan meningkatkan kemampuan saya berkonsentrasi. Setelah saya coba gerakan tersebut sebentar, lumayan jadi lebih tenang. Kemudian saya berpikir, seharusnya saya mengalihkan pikiran tentang pekerjaan ke hal lain yang saya sukai.

Akhirnya saya menggabungkan prinsip gerakan untuk melatih konsentrasi dan pekerjaan yang saya sukai (memrogram cepat). Hasilnya adalah program yang tampilannya terlihat di gambar di atas. Cara menggunakannya adalah menggerakkan mouse ke gambar lalu perhatikan objek yang mengalami perubahan. cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan siklik sederhana (elips, simbol infinite, spiral). Berhentilah sejenak, cobalah bernafas perlahan-lahan sambil melakukan ini sambil memperhatikan pola yang sudah terbentuk. Lalu lakukan berulang-ulang.

Sekarang saya merasa lebih baik. Bagaimana dengan anda?

PS:kalau anda ingin mencobanya, silakan unduh di sini (seperti biasa, ganti ekstensinya jadi zip sebelum diekstrak menjadi executable dan delphi source code).

8 comments

  1. Yari NK · Agustus 10, 2008

    Prinsipnya kalau saya….. selama otak saya sibuk dengan sesuatu pasti tidak akan bosan. Pada saat kita berhenti/idle, nah biasanya baru bosan itu mulai menghinggap…..

  2. Glubot · Agustus 11, 2008

    wow.. keren, tapi belum lihat hubungannya dengan penurunan kadar stress yang terjadi. Padahal saya juga sering mengalami dilema (ogah nyebut stress, walaupun arahnya ke stress) di atas, yang akhirnya malah kerjaannya gak ada yang beres. malah kerjaan yang yang diperlukan yang beres, lhoo_O

  3. pebbie · Agustus 11, 2008

    berarti kemarin saya bukan bosan, tapi jenuh sehingga kurang konsentrasi.😀

    @glubot:mengakui sedang stres (walaupun merasa belum) itu perlu loh.. supaya saraf otonomnya bisa terpancing untuk mengantisipasi..

  4. gareng · Agustus 14, 2008

    waduh, kok saya lihat gambarnya itu malah jadi pusing ya? hehe…
    salam kenal, enggar EL05, http://www.gareng.net/

  5. s191t · Agustus 18, 2008

    bener juga..boleh dicoba tuh

  6. Andri · Agustus 26, 2008

    he3x keren…

    cara bikinnya gimana yah?

  7. pebbie · Agustus 26, 2008

    @Andri:saya sudah masukkan program dan source-nya di crowd.odt (setelah di-download, ganti nama file-nya jadi crowd.zip)

  8. panjianom · Januari 21, 2012

    filenya kok udah gak ada ya? bisa diupload lagi? soalnya saya lagi jenuh😀

Tinggalkan Balasan

