Introducing PEBCLIPS

Pengalaman pertama saya menggunakan CLIPS [1] adalah ketika saya mengambil mata kuliah sistem berbasis pengetahuan sewaktu S1. Waktu itu saya membuat tugas besar dengan topik sistem untuk penyusun playlist lagu otomatis (sistem pakar music director radio siaran atau ESMooD ~ Expert System for Music Director) yang pakarnya merupakan teman-teman kru di Radio Kampus ITB yang memang pekerjaan hariannya menyusun playlist lagu untuk keperluan siaran.

CLIPS yang saya ketahui waktu itu antarmuka dengan penggunanya kalau tidak berbasis console (CLIPS.exe) atau WebCLIPS sedangkan aplikasi sistem pakar yang ingin saya buat adalah program berbasis desktop GUI supaya bisa langsung digunakan (:D). Akhirnya saya menemukan komponen VCL yang membungkus CLIPS.dll sehingga bisa digunakan dalam lingkungan Delphi (:victory:). Karena keterbatasan waktu pengerjaan tugas dan pengetahuan waktu itu, programnya pun dibuat ala kadarnya saja. Mekanisme yang digunakan di dalamnya hanya melakukan load basis kaidah, fakta awal yang merupakan preference dari seorang music director (MD) dan daftar lagu yang dianggarkan untuk minggu tertentu, lalu menjalankan mesin inferensi tanpa proses interaksi dan hasil playlist didapat dari melakukan dump working memory.

Beberapa waktu (lebih tepatnya bulan) yang lalu saya mengembangkan aplikasi Desktop GUI sebagai perantara antarmuka untuk CLIPS menggunakan delphi. Aplikasi ini cara kerjanya mirip dengen WEBCLIPS hanya saja untuk mengaksesnya langsung pada desktop. Fasilitas yang sudah tercapai antara lain MessageBox ,Status Message, dan Multi text untuk menampilkan teks, Radio Group, Checkbox, dan InputBox untuk mendapatkan masukan, Fasilitas untuk menyimpan dan membuka session, serta menampilkan daftar fakta dalam bentuk pohon. Kode dan binary sudah saya simpan di Google tapi dokumentasinya belum ada dan contoh aplikasinya juga (sebetulnya sudah ada aplikasi yang menggunakan pebclips, namun aplikasi itu milik orang lain dan mungkin diniatkan menjadi produk komersil sehingga tidak bisa disertakan). Semoga saja aplikasi ini bisa bermanfaat dan bisa terus dikembangkan.πŸ˜€

tampilan pebclips

tampilan pebclips

One comment

  1. Zakka Fauzan Muhammad · September 24, 2008

    Keren… ntar kapan2 dicoba dehπŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s