Glowing Image

Lagi iseng di sela-sela kerjaan, malah bikin implementasi fake glow. Mari bahas triknya tahap demi tahap!

citra awal

citra awal

  1. citra asal dikonversi ke greyscale
  2. citra greyscale

  3. setengah intensitas bagian atas dipetakan ke intensitas maksimum
  4. lakukan pengaburan/penghalusan supaya intensitas maksimum menyebar ke sekitarnya. salah satu cara yang sedikit ekstrim :
    • kecilkan ukuran citra hasil langkah sebelumnya menjadi 1/S kali (misal S = 8).
    • lakukan smoothing/perata-rataan dengan filter blur biasa (box kernel)
    • kembalikan ke ukuran semula (besarkan ukuran menjadi S kali)
  5. Gabung citra asal dengan citra hasil tahap selanjutnya (citra 3). jika citra asal dalam ranah RGB (warna) maka tiap komponen ditambah dengan intensitas citra yang dikalikan dengan faktor skala tertentu (0.0 … 1.0)

10 comments

  1. phewhe · Oktober 30, 2008

    Huaa kucing nya lucuuu…

  2. profnagarajan · Oktober 31, 2008

    good, Interesting.

  3. dp · Oktober 31, 2008

    itu iseng? ._.
    untung di kuliah citra ga disuruh iseng…😄

  4. petra · Oktober 31, 2008

    gile…

    bang peb ini kalo iseng serem banget seh

  5. ivanwidyarsa · November 3, 2008

    wah, masih aktif di grafika ya peb. pakabar nih?

  6. pebbie · November 3, 2008

    @phewhe:ganti foto sendiri ah.. LOL
    @dp & petra: jah, jadi mahasiswa harus banyak berbuat keisengan..
    @ivan: huehehe.. masih.. sekali grafika tetap citra..

    :))

  7. Youfan · November 7, 2008

    Wohohooo~… Nice trick Peb~!!:mrgreen:

  8. Strife Leonhart · Desember 12, 2008

    wuiiihh

    jago grafika & pencitraan nih… kalo aku tar ngambil konsentrasi multimedia kira2 gini ya yg dipelajari?

  9. pebbie · Desember 12, 2008

    cuma suka aja, belum bisa dibilang jago.. hmm, kalo multimedia itu nggak cuma ini, ini sih cuma secuil (baru satu media). ^_^ have fun!

  10. yessie · Desember 6, 2010

    blh tw fungsi matlab ma algo pa yg dpake??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s