Percobaan Transplantasi DLL

Masih penasaran gara-gara gagal instalasi MS-MPI di laptop yang notabene pake XP Home Edition. Kalau lihat dari errornya sih cuma gara-gara nggak ada 1 fungsi di modul kernel32.dll yang bernama GetProcessIdOfThread. Berhubung di situs download HPC SDK tercatat bisa digunakan di XP Profesional jadinya penasaran untuk mengkanibal DLL dari XP Pro ke XP Home.

Ternyata di Kernel32.dll dari XP Pro juga nggak ada fungsi GetProcessIdOfThread.

wah, microsoft bo’ong nih.. katanya bisa Microsoft Windows XP Professional Edition 32-bit…

Masih belum puas, coba ‘pinjam’ dari Vista, pinjem dari rekan kerja di kantor yang laptopnya pake vista. Eh, ga taunya nggak cukup sama kernel32.dll . kernel32 ternyata bergantung ke ntdll.dll yang beda sama di xp home. ya sudah jadinya coba salin sekalian. Berhubung kernel32.dll lagi dipakai sama program lain, jadinya file kernel32.dll yang ada di C:\Windows\System32 nggak bisa dihapus.. paling juga di-rename trus bikin kernel32.dll yang baru hasil transplantasi dari Vista. Cara ini pun masih belum berhasil, pasalnya Windows punya mekanisme recovery yang otomatis mengganti file sistem miliknya dengan cadangannya. Nggak mau kalah, dicari sumber cadangannya lah.. yang akhirnya ketemu.. versi kernel32.dll terakhir yang dipake ada di direktori servicepack setelah ada beberapa versi dari Windows Update.

Haha.. beres, ternyata betul.. kalau isi direktori cadangan itu diubah maka nggak ada cadangan yang lain. langkah selanjutnya .. restart windows untuk melihat efeknya.

..
..
….

CELAKA!!! Windows-nya nggak mau masuk ke layar biru, cuma sampai gambar windows sama progress bar.. udah gitu restart lagi-restart lagi otomatis. Biarpun dicoba di-disable pake Safe Mode with Command Prompt pun sama.. mungkin karena biarpun command prompt, tetep load modul ntdll.dll sama kernel32.dll.

waduh, lupa bikin restore point sebelumnya. walaupun kalo dipikir-pikir tiap update baru kan bikin restore point tapi tetep aja nggak bisa masuk ke windows. Langsung bongkar-bongkar koleksi CD nyari CD Instalasi Windows XP yang ternyata nggak ketemu. Akhirnya kembali ke kantor untuk ambil DVD Instalasi dari MSDN yang ada isinya XP Home Edition SP2 dan bikin Recovery CD di desktop.

Setelah berhasil masuk command prompt, kondisi saat ini file kernel32.dll nggak ada, naah.. coba pakai kernel32.dll sama ntdll.dll dari vista dan berujung gagal lagi.😀 yasudah deh, karena sudah malam (main-mainnya udahan) langsung dikembalikan pakai file dll aslinya dan sekarang sudah bisa lagi posting blog pakai laptop.😀

fiuh.. malam yang menegangkan..😛

2 comments

  1. irfin · Januari 16, 2009

    hehe sepertinya microsoft sudah mengantisipasi hal tsb? atau kebetulan terantisipasi krn arsitektur sistemnya yg memang tidak memungkinkan utk dilakukan utak-atik spt itu hehe..

  2. pebbie · Januari 16, 2009

    hehehe.. mungkin juga, ada banyak kemungkinan.. tapi yang pasti, ada 1 cara lagi yang belum dicoba. kalo nggak bisa diubah secara global (langsung di folder system32). gimana kalo hanya yang menggunakan dll tsb. i.e. dll injection..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s