ramadan-mubarak

#JuliNgeblog Der fünfte Tag : Eid Mubarak

Memasuki hari kelima yang akan berakhir kurang dari satu jam menurut zona waktu lokal, Saya sepertinya tidak akan menulis banyak. Berdasarkan penanggalan Hijriah mengacu pada Islamic Center kota Wina, saat tulisan ini ditulis sudah masuk tanggal 1 Syawal 1437H. Oleh sebab itu, izinkan saya mengucapkan:

Selamat Hari Raya Idulfitri 1437H!

Hari ini diwarnai gangguan koneksi internet bahkan sampai sebelum tulisan ini diterbitkan. Hal ini juga yang membuat saya agak malas menulis hal yang sudah saya rencanakan. Akhirnya, sudah dua kali topik dalam rencana gagal ditulis. Setidaknya, rencana topik bisa jadi antisipasi kalau-kalau alasan malas menulis karena tidak ada ide topik.😀

Idulfitri tahun ini di Wina sedikit berbeda. Sejak diberlakukannya Islamgesetz di Austria, organisasi Warga Pengajian Austria yang mengelola Masjid Assalam menyatakan diri sebagai Moscheegemeinde di bawah payung organisasi IGGÖ (Islamic Glauben Gemeinshaft in Österreich). Hal yang menariknya adalah tahun-tahun sebelumnya, IGGÖ tidak mengumumkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Baru tahun ini IGGÖ mengumumkan tanggal 1 Syawal yaitu hari ini tanggal 5 Juli 2016 sesuai dengan negara-negara lain di Eropa.

Tahun-tahun sebelumnya Wapena mengikuti Islamic Center kota Wina yang juga mengikuti Saudi Arabia untuk penanggalan 1 Syawal. Oleh sebab itu tahun ini pengurus wapena memutuskan untuk tetap mengikuti Islamic Center yang ternyata memutuskan 1 Syawal jatuh pada tanggal 6 Juli 2016 karena kemarin Hilal tidak terlihat.

5 menit menjelang tanggal 6 Juli 2016. Besok pagi sholat Ied diadakan di KBRI Wina pukul 8.30 dan saya masih ada rapat lab siangnya karena kepala Lab akan berlibur.

Sampai jumpa besok!

(gambar disalin dari islamic center of Vienna)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s